Piano Untuk Kecerdasan Anak

Bermain alat musik ternyata bukan hanya sekedar menjalankan hobi, namun juga mampu memberikan manfaat, salah satunya saat memainkan alat musik piano. Bagi anak-anak hingga usia remaja di sarankan untuk mulai mempelajari piano sedini mungkin. Apa saja manfaat bermain piano yang dapat anda rasakan, berikut ini ulasan selengkapnya.

 

  1. Berprestasi di bidang akademik

Belajar piano bagi anak yang masih duduk di bangku sekolah akan turut mempengaruhi prestasi akademis di sekolahnya. Bagaimana bisa? Menurut Dr. Frances Rausche, bermain piano dapat meningkatkan perkembangan otak secara signifikan dan membantu proses pembelajaran yang lain, termasuk di bidang akademis. Dengan begitu tidak hanya kemampuan non akademis yang berprestasi, namun di bidang mata pelajaran sekalipun akan mendapatkan peringkat di kelasnya. Bagi yang masih duduk di bangku sekolahan, mulailah untuk mempelajari alat musik ini. Sedangkan bagi para orang tua, sebaiknya sudah mulai membiasakan anaknya untuk belajar alat musik. Salah satunya bermain alat musik piano ini,  yang sangat mengasah otak

 

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Sudah banyak yang tahu bahwa musik sangat mempengaruhi kecerdasan seseorang, sepertimanfaat mendengarkan musik klasik bagi perkembangan bayi. Begitu juga dengan piano, Dr. Gordon Show mengatakan bahwa belajar piano menstimulas sel-sel otak berkembang sehingga meningkatkan kecerdasan atau intelligence seseorang. Banyak orang tua yang mulai membiasakan anaknya belajar piano, karena jika sedari kecil sudah di ajarakan alat music ini maka akan melatih daya otaknya semakin berkembang lebih cepat. Hal ini mengingat pertumbuhan sel-sel otak pada usia anak-anak berlangsung cepat.

 

  1. Melatih Daya Konsentrasi

Saat belajar piano, sebagai keterampilan dasar harus mampu membaca not-not balok. Saat memainkan piano, dituntut untuk berkonsentrasi membaca not-not tersebut. Kemudian koordinasi dengan gerakan lengan, tangan, hingga jemari-jemari kita untuk menekan tuts-tuts sehingga menghasilkan nada yang indah.Dalam memainkan piano, semua jari kita turut berperan dalam memainkan alat musik ini. Hal inilah yang membuat alat music piano lebih sulit dibanding alat music yang lainnya, seperti halnya manfaat bermain catur yang dapat mengasah fungsi otak.

 

  1. Meningkatkan Daya Imajinasi

Penelitian di Amerika Serikat tepatnya di Rhole island dilakukan terhadap anak-anak sekolah musik, dalam hasil penelitiannya yang di beri judul “Learning improved by arts training” tersebut mengungkapkan, bahwa anak-anak yang belajar bermain alat musik piano memiliki kepekaan dan kemampuan imajinasi lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak mempelajarinya.

 

  1. Memberi Ketenangan Jiwa

Salah satu esensi dari lahirnya alat musik adalah untuk pemenuhan kebutuhan aktualisasi dan rasa aman dalam diri. Dimana dengan mendengarkan musik, kita akan merasakan ketenangan jiwa. Sama halnya seperti manfaat bermain gitar, nada-nada yang dihasilkan oleh piano ini akan menimbulkan kesan nyaman dan tenang bagi pendengarnya. Apalagi jika dimainkan dengan mencurahkan pendalaman perasaan, pada lagu yang dimainkan.

 

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat belajar piano mampu mengubah orang-orang pemalu, menjadi percaya diri. Kenapa? Karena memiliki keahlian piano adalah sesuatu yang membanggakan, dimana tidak semua orang bisa melakukannya. Disaat orang lain tidak memiliki kemampuan memainkan piano, maka perasaan bangga dan rasa percaya diri akan timbul dalam diri dengan sendirinya. Mengingat belajar piano sangat sulit, kita perlu menyeimbangkan otak untuk menekan tuts dengan kedua tangan dengan benar. Daya konsentrasi untuk membaca not dan proses abstraksi pergantian tiap nada membutuhkan kerja otak yang tidak mudah.

 

  1. Menunjang Karier Masa Depan

Pendidikan yang tinggi memang menjanjikan dalam mencari pekerjaan seperti manfaat kuliah, namun keahlian bermain piano cukup baik untuk prospek karir di masa depan. Modal kemampuan yang di miliki dapat dikembangkan untuk mendapatkan penghasilan. Karir yang bisa ditempuh juga sangat beragam, mulai dari membuka sekolah musik sendiri, menjadi mentor, memiliki band untuk terjun di industri musik atau tergabung dalam kelompok orchestra. Tentu saja hal ini memiliki prospek yang sangat menguntungkan bagi masa depan.

 

  1. Melatih Disiplin Waktu

Manfaat bermain piano dapat melatih kita disiplin terhadap waktu. Hal ini diklain dalam penelitian yang dilakukan di Amerika serikat menemukan fakta bahwa adanya kondisi rata-rata pada bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan konsep, bahasa dan manajemen waktunya. Penelitian yang dilakukan kepada 48 partisipan yang berusia 19 sampai 21 tahun berjenis laki-laki dan perempuan. Mereka yang dipilih sebagai partisipan adalah yang sudah menguasai alat musik piano ini.

 

  1. Meningkatkan kemampuan Komunikasi

Penelitian lain yang juga dilakukan di Amerika serikat yang menguji para pianis cilik. Penelitian tersebut menemukan bahwa adanya kesamaan dari mereka bahwa adanya kemampuan respon yang cepat, selain itu mereka memiliki kepekaan yang tinggi terhadap suara di sekitarnya. Hal itu menunjukkan bahwa kemampuan pendengaran yang baik akan mempengaruhi kemampuan komunikasi pula. Dengan begitu, manfaat bermain piano akan turut mempengaruhi kemampuan pendengaran kita hingga berefek pada kemampuan komunikasi kita pula.

 

  1. Peka Terhadap Orang Lain

Dari hasil penelitian sebelumnya, para pakar juga menambahkan bahwa adanya sel otak yang menunjukkan tingkat fokus yang sangat baik. Bahkan di dalam kondisi yang kurang kondusif sekalipun, mereka yang mampu memainkan alat music ini dan tetap tetap fokus di tengah kebisingan sekalipun. Dengan bermain piano kita memang dituntut untuk berkonsentrasi tinggi dan menyesuaikan dengan nada-nada musik lain atau nada vokal yang diiringi. Sehingga tidak jarang kita melihat para pemain piano tidak banyak atraktif saat pertunjukkan, daripada para pemain alat musik lainnya. Fokus itulah yang menurut Dr. Gordon Shop dapat membuat seorang pianis memiliki kepekaan pada setiap kesalahan nada yang tidak selaras. Ini melatih sel otak kita yang memiliki fungsi kepekaan, dalam dunia sosial hal ini turut meningkatkan kepekaan terhadap kondisi orang-orang di sekitar.

 

Drum Baik Untuk Kesehatan

 

Pemain drum, atau biasa disebut sebagai Drummer, adalah orang-orang yang berbeda. Mereka berbeda denganmusisi pada umumnya, bahkan mereka juga di tempatkan berbeda dari musisi lainnya di atas panggung. Berbeda disini bukan berarti “aneh” atau “kelainan”.  Drummer sebenarnya juga merupakan musisi. Hanya saja mereka memiliki tugas yang berbeda dari musisi lainnya. Drummer bertugas untuk mengiri musisi lain dengan tempo yang konsisten, sehingga drummer tidak dapat disamakan dengan musisi yang memainkan alat musik bermelodi seperti gitar dan piano.

 

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari bermain drum adalah mendapatkan kesehatan fisik atau tubuh. Mengapa? Seperti yang kita ketahui, bermain drum melibatkan aktifitas fisik yang meguras energi pada tubuh kita. Cobalah duduk di depan drum, dan mainkan dengan tempo yang cepat dan konsisten dan dalam jangka waktu yang lama. Pasti Anda akan merasa lelah. Bermain drum dapat melatih otot-otot pada tubuh kita seperti kita melakukan olah raga. Dan tentunya hal ini baik bagi kesehatan. Bagi Anda yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk berolah raga, atau Anda tak ingin tak ingin hari minggu anda terbuang untuk berolah raga, coba lah bermain drum. Anda akan mendapatkan manfaat dari berolah raga dari bermain drum. Disamping itu, Anda tidak membuang hari minggu Anda dan tetap bisa bersenang-senang.

Manfaat kedua, adalah pengaruh terhadap mental dan psikis.

Untuk dapat memainkan drum dengan baik, terlebih seperti pro, membutuhkan energi, ketekunan dan kerja keras, dan waktu. Drummer adalah orang yang bertekad kuat, fokus, dan memiliki konsentrasi yang sangat baik. Tiga hal tersebut pastinya bermanfaat dan dapat diterapkan dalam segala situasi kehidupan sehari-hari. Ketika memainkan sebuah irama, seluruh bagian pada otak drummer (otak kiri dan kanan) bekerja. Otak kiri bekerja untuk menggerakan tubuh bagian kanan, dan otak kanan bekerja untuk menggerakan tubuh bagian kiri. Selain menggerakan tubuh, otak juga bekerja untuk memastikan permainannya itu tepat waktu dan konsisten.
Pada anak-anak, bermain drum sangat berguna untuk mengembangkan kecerdasan mereka. Bermain drum memberikan keseimbangan otak kanan dan kiri pada anak-anak, melatih konsentrasi mereka untuk fokus, dan melatih kemampuan motorik. Bagi Anda yang memiliki buah hati yang menderita ADD atau ADHD, ini merupakan berita bagus untuk anda. Memberikan pendidikan drum pada anak-anak sangatlah baik bagi pertumbuhan otak dan tubuh mereka. Menyalurkan energi dan waktu mereka untuk hal yang positif.

Sebenarnya, masih banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari belajar drum. Menjadi musisi adalah salah satu manfaat belajar dan atau bermain drum. Berada di sebuah band atau kelompok musik secara tidak langsung juga akan memberikan Anda rasa percaya diri. Mengapa? Dalam sebuah band atau grup musik, drummer tidak bermain sendiri. Ada anggota lain yang memainkan alat musik lain, setiap anggota memiliki peran masing-masing sesuai dengan alat musik yang mereka pilih. Mereka bekerja sama satu dengan lainnya dan terjadilah proses sosialisasidiadalam kelompok tersebut. Ketika kerja keras group maupun individu membuahkan hasil, maka akan timbul penghargaan terhadap prestasi, dan akan berakhir pada peningkatan kepercayaan diri. Jika Anda adalah orang tua dari seorang anak yang kurang percaya diri, drum atau bermusik dapat menjadi solusi untuk anak Anda..

Anda yang muda, tua, atau tengah baya, bermain drum dapat menjadi pengalaman yang paling berharga. Drum akan membuat Anda tetap aktif, berpikir, dan akan membuat Anda sehat. Untuk Anda yang udah tua, dapat terbebas dari penyakit Alzheimer. Untuk anda yang sedang menikmati masa muda, banyak pengalaman dan kesenangan yang bisa anda dapatkan dari bermain drum. Untuk anda yang single, pasti banyak wanita cantik yang terpukau saat mengetahui bahwa Anda bisa bermain drum. Untuk Anda yang memiliki anak, drum dapat melatih kecerdasan anak anda, dan tentunya mereka melakukan kegiatan positif dengan bermain drum dibandingkan dengan jalan-jalan ke mall atau hanya bermain game.

 

 

Manfaat Bermain Gitar

Gitar merupakan alat musik yang paling luas pemakainnya mulai dari dari yang serius sampai yang santai. Disamping itu bermaingitar juga mempunyai banyak manfaat antara lain adalah :

  1. Memberi Rasa Senang

Siapa yang merasa senang ? anda cukup mainkan gitar dan mendengarkan musik. Ini bisa membuat anda merasa lebih baik. Menurut penelitian di ilmu syaraf di McGill University, mendengar musik memicu pelepasan dopamin di otak, bahan kimia yang memberikan rasa senang pada otak.

 

  1. Menjauhkan stres

Bila anda sedang stres, ambillah gitar anda karena bisa melepaskan stres. Sebuah penelitian dari Mind-Body Wellness Center dan Loma Linda University School of Medicine menemukan, stres bisa dikurangi dengan memainkan instrumen. Gerakan bisa membalikan sistem respons tubuh anda terhadap tekanan.

  1. Atasi nyeri

Jika anda hidup dengan sakit kronis, raihlah gitar. Menurut penelitian di University of Utah, mendengarkan musik baik itu dengan memainkan sendiri bisa mengalihkan pikiran anda sehingga mengurangi nyeri.

 

  1. Pertajam pikiran Anda

Sebuah penelitian Skotlandia yang terbaru mengatakan, musik lebih cenderung membuat fungsi otak lebih tajam, yang bisa membantu mencegah penurunan mental di masa depan. Bukalah buku lagu dan belajar memainkannya.

 

  1. Menguatkan jantung Anda

Penelitian di Belanda menemukan, pasien yang bermain musik lebih dari 100 menit sehari menunjukkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah dan detak jantung dibanding yang tidak. Tiga orang yang melakukan tes ternyata adalah gitaris.

 

  1. Memikat hati wanita

Jangan khawatir, anda cukup bermain serius gitar anda agar menarik perhatian wanita. Bahkan jika wanita itu tak anda kenal. Penelitian dari Psychology of Music menemukan, wanita mengasosiasikan kemampuan musik dengan kecerdasan, komitmen, kerja keras, serta kecakapan fisik. Wanita juga mengasosiasikan semua kualitas tersebut dengan kemampuan pria untuk mendapatkan uang.

 

  1. Berteman dengan wanita

Penelitian Israel mengirimkan permintaan pertemanan dari pria berwajah tampan kepada wanita lajang. Setengah permintaan merupakan pria yang memegang gitar. Sedangkan setengah lainnya, bukan gitaris. Hanya lima dari 50 wanita yang menerima permintaan pertemanan dari orang yang kurang jago bergitar, sementara yang bergitar lebih menarik. Alasannya, kemampuan musik berkaitan kejantanan.

 

  1. Menjadi kaya

Gitar anda bisa membantu anda memperoleh uang. Peneliti di Michigan State University menemukan bahwa musisi yang belajar instrumen pada usia dini dan berusaha memelihara keterampilannya sampai dewasa memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses.

9. Membangun kekuatan otak

Menurut sebuah studi Cambridge University, musisi terus menjadi kreatif bahkan ketika mereka tak sedang bermain instrumen mereka. Peneliti menemukan, pemain memvisualisasikan musik dalam bentuknya dan memprosesnya dalam praktik. Kebanyakan tak melihatnya seperti itu, tapi itu adalah cara belajar yang sangat kreatif.

 

  1. Rekam diri, penghargaan ke diri

Sering kali pemain gitar akan merekam sesi bermainnya atau lagu demo. Dengan cara itu, mereka bisa bermain lagi dan mempraktikkannya. Tapi, bawalah rekaman anda ke gym dan anda akan melihat manfaatnya buat fisik. Para ilmuwan di Max Planck Institute for Cognitive and Brain Sciences menemukan, musik tak hanya membuat latar belakang yang berisik ketika berolahraga, tapi membuat olahraga jadi kurang melelahkan.

(Mel/*)

 

 

Musik Penting Untuk Anak

Belajar musik bagi anak-anak sangat penting untuk proses pendidikan dan pembelajaran. Sehingga, dapat membantu anak untuk lebih peka lagi terhadap nada serta meningkatkan keterampilan yang diperlukan dalam dunia interaksi sosial serta pendidikannya. Anak-anak dapat di perkenalkan dengan berbagai jenis alat musik, seperti: piano, gitar, keyboard, drum kecil dan pastinya masih banyak lagi. Mungkin anak-anak tidak terlalu pintar dan jenius dalam memainkan alat musik, seperti layaknya pemain musik profesional. Tapi, manfaat dari belajar musik bagi anak-anak akan memberikan efek positif bagi pendidikan, sikap, dan perilakunya. Serta dapat menjadi pemain tim yang baik kelak bila sudah menjadi dewasa nanti.

Musik memiliki banyak arti positif pada perkembangan manusia di dunia. Secara mendasar sebenarnya musik memiliki beberapa fakta yang sangat bermanfaat, unik, dan menarik bagi anak-anak pada umumnya.

10 Manfaat Belajar Musik Bagi Anak-anak

  1. Melatih Disiplin dan Kesabaran. Untuk belajar semua alat musik di butuhkan disiplin dan kesabaran, karena jika tidak disiplin dan tidak punya rasa sabar belajar semua jenis alat musik apapun tidak akan pernah bisa. Belajar mengajarkan anak-anak tentang disiplin dan kesabaran dengan cara mengajarkan musik adalah cara yang sangat cocok, karena tidak akan membuat anak – anak merasa jenuh atau membosankan.
  2. Memupuk Keterampilan Sosial. Dengan belajar musik di dalam kelas, setiap anak akan mudah memupuk keterampilan sosialnya. Disana mereka dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak seusia lainya, sehingga dapat mendorong kerjasama tim dan juga berkolaborasi untuk bermain musik. Selain itu, anak juga didorong untuk bisa memecahkan masalah yang mereka hadapi sendiri sehingga akan membentuk pribadi yang bertanggung jawab.
  3. Mengembangkan Keterampilan Fisik. Instrumen seperti perkusi dapat membantu anak – anak dalam mengembangkan kordinasi dan sistem motorik otak. Mereka memerlukan gerakan kaki dan tangan, dan instrumen inilah yang membantu dalam proses mengembangkan keterampilan fisik bagi anak-anak.
  4. Meningkatkan Keterampilan Akademik. Dalam ilmu matematika tentunya bermusik sangatlah berguna, contohnya: seperti ketika anak – anak belajar bagaimana untuk membagi, mengenali pola dan menciptakan pecahan. Seperti musik juga, membuat pola fikir anak lebih memahami area lain dari matematika. Secara tidak langsung bermusik juga akan melatih memori jangka pendek dan akhirnya memori jangka panjang juga.
  5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Rasa percaya diri anak akan tumbuh ketika seorang anak mendapat kritikan – kritikan pada kesalahan yang mereka buat saat bermain musik, dan tentunya hal itu dapat mengubah menjadi perubahan yang sangat positif. Oleh karena itu, pembelajaran sedari dini ini sangat penting untuk proses pembentukan rasa percaya diri pada anak-anak.
  6. Membantu Menambah Pemberdaharaan Kata Anak. Beberapa lirik musik yang didengar oleh anak akan membantu memperbanyak pemberdaharaan kata dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. hal ini terjadi karena beberapa musik yang mengandung lirik tertentu akan memberikan pengetahuan baru, setiap kali anak mendengarkan musik tersebut.
  7. Membantu Pencernaan. Musik ternyata juga mampu membantu sistem pencernaan bagi anak-anak. Musik yang menenangkan dapat membuat rileks sehingga sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih baik.
  8. Membantu Stimulasi Otak Kiri. Seorang anak pasti akan mengikuti alur ritme dari musik itu sendiri. Ini dapat menstimulasi otak kiri anak, yang banyak terkait dengan kemampuan mengikuti aturan. Pada saat anak bermain dan bergerak sesuai alunan instrumen musik, saat itu juga kepekaan otak kiri anak akan terasah dengan baik.
  9. Meningkatkan Kesadaran Spiritual Yang Lebih Tinggi. Anak yang sejak kecil sudah dikenalkan dengan musik dan lagu keagamaan memiliki kesadaran dan ketuhanan yang mendalam. Musik – musik keagamaan secara tidak langsung akan memberikan dampak positif bagi kesadaran rohani anak.
  10. Menyehatkan Jantung. Musik yang ritmes dan lembut sangat membantu menyehatkan jantung, karena musik ritmes sangat lembut dan dapat membantu stabilitas kinerja detak jantung, terutama pada jantung anak-anak.

Manfaat belajar musik bagi usia dini di atas tentunya sangat penting bagi proses perkembangan dan pertumbuhan anak yang berada pada usia dini. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat memberi manfaat yang fositif bagi anak anda sendiri.